JAPAN I AM COMIIING!!!

Yeeeeyyy going to Japan..

Finally yaa impian dari kecil akhirnya terwujud juga.. dulu demi menggapai impian pergi ke Jepang, gw sampe ikutan tes pertukaran pelajar ke Jepang, kursus Bahasa Jepang, tes ujian masuk sastra Jepang UI, sampe ngelamar kerja di perusahaan Jepang, manteb yaa.. sayang gak ada yang lolos, karena kepentok TOEFL Bahasa inggris yang gak mencapai nilai minimal.. T__T

Yaaahh mungkin memang jalannya kudu nabung buat bisa berangkat ke Jepang pake uang sendiri.. sedikit intermezzo, dulu sebelum married, bahkan sebelum mulai pacaran sama bapak suami, gw punya mimpi bisa keliling dunia bareng pasangan.. Chemistry nya beda lho jalan-jalan sama temen dengan jalan-jalan sama pasangan/keluarga.. For me, family first!!

Ini kali kedua Ken naik pesawat dengan jarak sangat jauh, 6 jam perjalanan saja pemirsah.. tapi karena kita berangkat tengah  malem, beruntunglah bayi kecil ini tidur sepanjang jalan.. Saat itu usia Ken tepat 10 bulan, beli tiket GA murah karena promo, dan Ken Cuma bayar 10% sajah.. huhu.. Agak sedikit kecewa sama GA, karena waktu beli tiket buat Ken, udah request bassinet (semacam keranjang untuk bayi), tapi pas masuk katanya bassinetnya full, Alhasil kita minta pindah yang kursi 3 kalau ada yang kosong, jadi ken bisa tidur dengan tenang…

Tiba di Osaka jam 8 pagi waktu Osaka.. Udaranya dingiiiinn banget 15 C, untuk dewasa sih sebenernya biasa aja, tapi untuk baby wajib berlapis-lapis..

Ini pertama kalinya ke Negara yang jarang orang bisa Bahasa inggris.. Alhasil waktu mau naik kereta dari Airport kita pake google map dulu buat nanya kita mau naik kereta apa kemana.. Tapi, entah gw yang gak bisa baca google map, atau dia yang gak ngerti maksud gw – kalau kita buka google map, dan cari tujuan kita mau kemana, itu dijelasin kita harus naik kereta apa, transit dimana – Thanks to my hubby yang cepet tanggep baca info perkeretaan Jepang

Ini gambar petanya, kebayang kan.. sakit kepala bacanya!!!

Orang Jepang itu gw akui helpful banget, mereka gak peduli kenal atau gak, bisa Bahasa inggris atau gak, pas gw kesulitan nyari kereta, atau turun tangga pas hrs bawa stroller (belum ngerti kalau bisa naik lift, dan suami bawa koper segede alaihim gambreng), mereka langsung cekatan bantu.. Contohnya waktu kita tiba di stasiun Osaka, kita harus transit dan ganti kereta, pas kita kebingungan ada orang Jepang yang pernah tinggal di Indonesia, namanya Miyaki-san, dia rela anter kita jalan jauh untuk kasih tau rute dan kereta yang harus kita naikkin.. baik banget yaa..

FYI kita dari Jakarta gak beli JR Pass, karena lumayan banget harganya sekitar 30rb yen atau sekitar 3,2jutaan buat 7 hari/pax.. hmmmm kalo kali 2 aja udah 6jtan, bisa buat apa aja itu yaa?? hahahaha yaaahh namanya juga trip hemat, jd kudu sehemat mungkin pengeluarannya.. tapi buat kalian yang mau jalan-jalan antar kota sih lumayan worth it..

Begitu tiba  di Kyoto, hari pertama kita putuskan gak kemana-kemana, karena gak mau Ken kecapean, alhasil kita Cuma jalan-jalan sekitaran hotel aja.. luar biasa yaa, Jepang itu bersiiiiiiiiiiiihhh banget, gak ada satu sampahpun berceceran no polusi, dan tertib banget, sekalipun jalanan sepi, kalau lagi lampu merah ya mereka berhenti, gak ada yang nerobos, sekalipun itu sepeda yaa.. Suasana Kyoto mungkin mirip dengan desa, sepi dan gak banyak mobil lalu lalang..

Hari kedua kita ke Fushimi Inari, dari hotel cukup jalan kaki 15menit.. mungkin karena weekend jadi kayak pasar.. penuuuuhhh.. Sedikit cerita, kalau kita lagi jalan-jalan di luar negeri, ketemu sebangsa  itu udah kayak ketemu tetangga, saling sapa atau paling nggak saling senyum, padahal kenal juga nggak,,

Setelah dari Fushimi Inari, kita menuju Kiyomizudera, sempet salah turun stasiun pas nanya orang gak ada yang ngerti, alhasil kita nemu kuil di luar rencana (nama kuilnya lupa), karena salah jalan inilah kita bisa ketemu pepohonan yang daunnya udah mulai memerah.. kawaaaiiiii.. setelah dari kuil ini kita juga dibantu sama orang jepang yang gak bisa Bahasa inggris, dia ngasih tau harus naik apa dan turun dimana kalau mau ke Kiyomizudera (dengan pemahaman Bahasa jepang seadanya, jadilah kita kayak orang gagu, ngomong gak nyambung), dia Cuma nunjuk berapa yen yang harus kita keluarin.. baik yaa.. oh ya fyi juga kalau kita salah turun stasiun kita bisa adjust harganya di pintu keluar lhoo, misalnya kita beli tiket ke stasiun A seharga 140 yen, tapi kita salah, seharusnya turun di stasiun B seharga 200 yen, nanti di pintu keluar stasiun B kita tinggal masukin tiket awal yang kita beli, dan bayar kekurangannya, nanti kita dapat tiket baru untuk keluar di stasiun B.. memudahkan yaa?! Mungkin bisa dicontoh di Indonesia, jadi kita gak perlu khawatir kalau kita salah turun stasiun..

Di Kiyomizudera ini jalannya agak menanjak yang lumayan curam, bawa2 stroller lumayan deh bikin betis rada tebel.. nggak kayak di Fushimi Inari, disini kalau mau masuk kuil harus bayar 400 yen, tempatnya ruameeeeee.. lebih rame dari Fushimi Inari.. Mungkin karena weekend kali yaa, gak banyak spot foto, karena penuh orang.. hix

Setelah dari Kiyomizudera kita langsung pulang, karena hari sudah sangat sore dan tampaknya my baby sudah sangat lelah..

Hari ke-3 Ken mulai demam, langsung dikasih tempra.. hix hati ibu luluh lantak, gak bisa kemana-kemana alhasil Cuma ke Aquarium Kaiyoukan, ini konsepnya keren banget.. begitu masuk kita kayak di hutan gitu, terus jalan dari atas ke bawah untuk ngeliat ikan-ikan.. Ken udah mulai gak mau di stroller, jadi di gendong sepanjang jalan..

Esok hari kita ke Tokyo naik pesawat Peach air, kenapa naik pesawat?? Karena harganya lebih murah dibanding naik shinkansen.. waktu tempuhnya juga lebih cepet, untuk naik shinkansen itu harganya sekitar 13.000 yen atau sama dengan 1.600.000 sekali jalan, sedang naik pesawat sekitar 900 yen.. yaaahh namanya juga backpacker, jadi harus hemaatt..

Sesampainya di Tokyo, demam Ken mulai tinggi, alhasil kita gak kemana-kemana, Cuma jalan-jalan sekitar hotel aja liat pemandangan, dan malem mulai demam tinggi sekitar 39 c, sempet kejang juga pas tengah malem.. ini bikin panic banget, di negeri orang, anak sakit.. jadi aja tengah malem kita ke RS terdekat, tapi gak ada yang bisa Bahasa inggris, jadi aja kita di oper ke RS Universitas dengan dokter umum yang lumayan bisa Bahasa inggris.. untuk biaya admin dan obat untuk satu hari, karena kita gak punya asuransi, jadilah harus bayar 20.000 yen atau sekitar 2.500.000 (padahal orang travel, tapi lupa ngurus asuransi buat sendiri, bodohnya..) – FYI buat traveller yang mau travelling ke luar negeri, terutama bawa anak, jangan lupa beli asuransi kesehatan, ini penting banget karena kita gak akan pernah tau berapa biaya RS di luar negeri – sedih banget ngeluarin uangnya.. T__T

Esoknya Ken masih demam panasnya 40 c, baru inget kalau ada local operator Pacto yang tinggal di Jepang, namanya bu Lilis, dia jauh-jauh dari kantornya ke tempat kita Cuma untuk bantuin kita selama di RS jadi perantara komunikasi supaya jelas kenapa Ken demamnya gak turun-turun.. ternyata dia kena campak, setelah 3 minggu imunisasi campak baru keluar saat itu dan di Jepang pula.. T__T, kali ini biaya RSnya 10.000 yen atau sekitar 1.260.000 (aduuuhh langsung bokek mendadak), Alhamdulillah sama bu Lilis dibayarin obat sama ditraktir makan malem

mulai keluar bintik merah

ini kantong obatnya ken

Keesokan harinya demam Ken mulai turun, karena udah 2 hari gak kemana-kemana jadi kita jalan-jalan ke Asakusa Temple, lokasinya gak terlalu jauh dari hotel jadi bisa ditempuh sambil jalan kaki liat pemandangan, cuaca di Tokyo lebih dingin karena beberapa  hari hujan, suhunya mencapai 7 c.. sebenernya dari Asakusa ke Tokyo Tower gak terlalu jauh, tapi karena Ken gak mau di stroller jadi kita Cuma foto dari kejauhan aja..

tampangnya masih lemes banget.. hix

Malemnya kita sempetin beli oleh-oleh dari sisa pundi-pundi uang yang ada, karena besok pagi kita sudah harus kembali ke Jakarta..

Agak sedih sih.. soalnya destinasi yang paling diimpikan selama bertahun-tahun gak bisa dinikmati semaksimal mungkin, semogaaa bangeeett nanti ada rejeki lagi, pengen rasanya keliling Jepang lagi.. Kalau ada rejeki, pengen juga short course ke Jepang, biar lebih mengenal budaya dan alamnya.. amiiinn